Senin, 24 Oktober 2011

Cagar alam Rawa Danau

Cagar alam Rawa Danau atau Rawadano adalah sebuah kawasan yang terletak di kabupaten Serang, dan berjarak 101 km dari Jakarta. Kawasan ini merupakan kawasan yang didominasi rawa-rawa, juga terdapat sebuah danau. Luas kawasan ini sekitar 2.500 ha yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon. Pulau ini menjadi tempat bersarang bagi aneka jenis binatang reptil, seperti ular dan buaya. Tidak kurang dari 250 jenis burung bermukim di kawasan ini. Kita dapat mencapai lokasi ini melalui tiga jalur, yaitu; Jakarta-Cilegon-Anyer-Rawaadano, Jakarta-Serang-Padarincang-Rawadano, dan Jakarta-Serang-Anyer-Cinangka-Padarincang-Rawadano.

Indahnya Kabut Rawa Dano

Rawa Dano yang terletak di Kampung Bojong, Desa Kaduagung Kecamatan Gunungsari termasuk dalam tempat-tempat yang suka dikunjungi orang berpuasa untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Keistimewaan

Tempat yang satu ini sebelumnya memang sudah dikenal banyak orang sebagai tempat beristirahat. Bahkan Dinas Pariwisata Kabupaten Serang menjadikan Rawa Dano sebagai salah satu objek wisata pemandangan.

Pesona yang dimiliki Rawa Dano berupa danau yang berada di kaki bukit atau pegunungan. Jika matahari bersinar terang, akan tampak rawa di kejauhan. Hamparan air yang tampak menghijau, di sekitarnya tumbuh beraneka jenis tumbuhan air.
Tetapi pada sore hari atau kala sinar matahari mulai berkurang, yang tampak hanyalah hamparan kabut putih menutupi danau tersebut. Meski tak bisa melihat apa-apa, selain hamparan kabut yang irip gumpalan kapas, namun kesejukan membuat kita betah berlama-lama di sini.

Panenjoan adalah salah satu tempat beristirahat yang berada di ketinggian. Artinya, danau yang akan kita lihat berada jauh di bawah kaki kita. Seolah-olah kita sedang berdiri di atas sebuah tebing.

Di sekitar tempat peristirahatan sudah disediakan beberapa kursi untuk pengunjung beristirahat sambil menatap rawa danau yang berkilau-kilau. Warung-warung penyedia makanan juga sudah hadir di sini. Hanya saja, selama bulan ramadhan warung tersebut tutup.

Di sebelahnya terdapat sebuah villa. Pada bulan ramadhan, villa tesebut juga tutup. Sedangkan pada hari-hari lainnya, villa tersebut cukup laris disewa pengunjung. Untuk menyewa Villa ini anda cukup menguluarkan uang sekitar 12 $.
Vila tersebut sengaja dibangun tinggi, menghadap ke arah rawa danau. Sehingga para penyewa bisa berdiri di teras depan villa sambil melayangkan pandangan ke rawa danau. Kicau burung dan gemirisik dedaunan merupakan instrumen yang bisa dinimati setiap saat dari atas villa ini.

Tempat ini sangat indah dan menarik, dan kebayakan para pengunjung datang saat sore hari saat mau berbuka puasa. tidak hanya saat mau berbuka puasa tapi juga saat-saat hari libur tempat ini juga ramai dikunjungi.

2 komentar:

Mohon info mengenai nama penginapan/hotel/vila yg ada didaerah Rawa Danau utk dihubungi, terima kasih/ Lilik

Posting Komentar